Selasa, 24 Februari 2009

Be a Model


Era sekarang ini tidak sulit mencari calon model yang memenuhi syarat secara fisik. Situasinya berbeda dengan era tahun 80 an dimana jarang kita jumpai remaja-remaja kita yang mampu mencapai tinggi badan minimal 165 cm untuk cewek dan 170 cm untuk cowok. Dengan semakin meningkatnya ekonomi dan gizi masyarakat anak-anak Indonesia tumbuh sehat dan tinggi badan mereka makin meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga bibit-bibit potensial yang memenuhi syarat fisik tersedia begitu melimpah. Akan tetapi itu masih berupa syarat model standar. Masih ada syarat fisik lagi mengingat ketatnya persaingan menuju ke atas juga demikian besar. Calon model juga harus memenuhi kriteria syarat model secara kualitas. Dengan kualitas yang maksimal langkah menuju ke atas akan lebih mudah. "Apa sajakah yang termasuk dalam syarat kualitas?". Salah satu syarat yang umum digunakan adalah paras wajah yang menarik, fotogenik bukan hanya cantik atau ganteng, tapi juga didukung inner beauty dan inner handsome yang memadai. Syarat lain dapat berupa bentuk tubuh yang langsing, kulit yang mulus, rambut yang sehat dan kaki-kaki yang indah.

Selain syarat fisik model juga harus memenuhi persyaratan mental yang baik. Seperti kita ketahui kehidupan model dan artis secara umum sering menjadi sorotan dan pandangan negatif dari masyarakat. Kehidupan artis seringkali dekat dengan kehidupan malam, glamour, ganti-ganti pasangan, narkoba, dunia malam dan hubungan bebas. Hal tersebut memang tidak dapat kita pungkiri. Seorang model atau artis harus memiliki mental yang kuat, sehingga tidak terjerumus dan tidak mudah terpengaruh oleh efek negatif di sekeliling mereka. Profesi model memang merupakan profesi pekerjaan yang "high risk". Kita dituntut memiliki mental dan keimanan yang kuat, sehingga mampu berkarir secara maksimal dan dapat menjadi panutan yang baik bagi msyarakat. Ratih Sanggarwati adalah salah satu contoh pribadi yang memiliki mental dan iman yang patut diteladani model-model pemula.

Setelah memenuhi syarat fisik dan mental, seorang model harus memiliki tekat yang kuat, ambisi dan totalitas yang prima. Totalitas yang prima harus dapat tercermin dari kemampuan membiayai segala keperluannya sebagai seorang model. Tentunya untuk meraih kesuksesan akan banyak dana yang harus disediakan. Kelengkapan seperti sepatu, tas dan body suit/stocking yang sesuai untuk beragam penampilan akan mendukung keberhasilan model.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar